Home » » Sistem Telekomunikasi PT. Telkom Indonesia

Sistem Telekomunikasi PT. Telkom Indonesia

Selamat pagi semua,,
Bagi teman-teman Segores Info yang ingin tahu cara konfigurasi sistem telekomunikasi "voice dan wifi" Pt. Telkom Indonesia, nih wendra share yaah.. 
Oke langsung aja kita bahas,
Sistem telekomunikasi telkom berawal dari sinyal yang diterima oleh tower telkom dilanjutkan ke transmisi, dari transmisi dilanjutkan ke MDF melalui kabel multipire . Dari MDF dilanjutkan ke sisi manhole berlanjut ke rumah kabel atau RK menggunakan kabel primer . Seperti gambar di bawah ini :


Dari RK disambungkan menuju DP atau distribution point menggunakan kabel sekunder . Dari DP ditarik kabel DW kerumah pelanggan menuju KTB . Dari KTB disambungkan kembali menggunakan kabel DW atau indoor ke roset. Dari roset dipasangkan kabel rg11 ke spliter. Pada spliter terdapat 2 port dimana 1 port digunakan untuk voice atau telepon dan modem speedy. Setelah terhubung sampai ke modem barulah modem disetting agar speedy (Wifi) dapat digunakan oleh pelanggan.
Perlu diketahui, bahwa jaringan wifi speedy ini, hanya numpang pada jaringan telephone, jadi jika jaringan telephone terganggu atau bermasalah, maka wifi akan mati.

Nah, berhubung banyak bahasa dan singatan yang rumit, wen jelaskan satu persatu yah..
1. TRANSMISI.
Transmisi adalah Sebuah ruangan yang berisi perangkat radio, fungsi dari rung transmisi itu sendiri adalah sebagai transport atau mentransper data ke central.
2. MDF (Mein distribution frame)
MDF adalah tempat titik sambung antara EQN , Dslam dan primer. Di MDF terdiri atas ribuan pair kabel pelnggan.
3. Manhole
adalah tempat atau lorong bawah tanah yang berisi kabel bawah tanah.
4. RK (Rumah Kabel)
RK adalah titik sambung antara primer dan sekunder.
5. DP (Drof Point)
DP adalah titik sambung antara sekunder dan kabel penanggal atau kabel Drof Ware (DW) dilanjutkan kesisi KTB pelanggan. Fungsi DP sendiri adalah perangkat yang mendistribusikan jaringan
6. KTB
Kotak terminal blok merupakan titik penyambungan antara saluran penanggal dengan saluran kabel rumah. Kotak terminal batas biasanya berada di dinding luar rumah pelanggan yang berfungsi sebagai terminal akhir dari saluran penanggal.
7. Spliter
Spliter merupakan alat pembagi antaera voice dan data.
8. DW
DW adalah kabel kabel penghubung antara DP dan KTB
9. Roset
Roset merupakan terminal sambung antara instalansi kabel rumah dengan pesawat telepon. Terminal ini biasanya menjadi satu dengan pesawat telepon.
Demikian penjelasan dari saya tentang sistem telekomunikasi standart PT Telkom. Kiranya yang saya jelaskan dapat bermanfaat untuk semua.
Terimakasih.. 

Bagi yang masih bingung, silahkan tonton video berikut ini :

Share this article :

1 komentar:

health mengatakan...

ternyata sistem telekomunikasi dari PT Telkom cukup mudah dimengerti ya..

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2014. Segores Info - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger