Home » , » Resensi dan Unsur Ekstrinsik Novell "Mimpi Sejuta Dollar"

Resensi dan Unsur Ekstrinsik Novell "Mimpi Sejuta Dollar"




MIMPI  SEJUTA  DOLLAR
Karya : Merry Riana


Mimpi Sejuta Dolar mengisahkan tentang perjalanan Merry Riana, seorang wanita luar biasa yang mencapai awal mula titik kesuksesannya di usia 26 tahun, saat ia memiliki penghasilan 1 juta dolar dari pekerjaannya sebagai Financial Planner profesional yang memiliki perusahaan dan tim marketingnya sendiri dengan kantor berlokasi di Singapore.

Keberadaan Merry Riana di Singapore pada awalnya bukanlah sebuah keinginan. Melainkan keterpaksaan yang dipicu oleh kerusuhan negara Indonesia yang sedang banyak pergolakan  ekonomi, politik dan sosial yang berujung pada kerusuhan Mei 1998. Pada saat itu, keadaannya sangat memprihatinkan dan kerap menjadi korban dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Saat itu Ria (Merry Riana), baru saja menyelesaikan pendidikan SMA-nya dan berniat meneruskan ke Universitas Trisakti. Sayang, karena keadaan yang memanas  akhirnya kedua orang tuanya memilih untuk mengirimkan dia Kebetulan di Nanyang Technological University (NTU), Singapore, guna melanjutkan pendidikan sekaligus mengamankan Ria dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dananya? Hutang pinjaman dari Pemerintah Singapore.

Kondisi perekonomian orang tua Ria tidak seperti anak-anak Tionghoa lainnya. Dengan kondisi yang pas-pasan, Ria hanya bisa mengantongi 10 Dolar Singapura untuk biaya hidup selama 1 minggu.

Kondisi ini akhirnya memaksa Ria untuk berpikir dan berupaya mencari penghasilan tambahan. Keadaan jadi makin sulit karena di NTU mahasiswa dituntut untuk bisa bertahan dengan jadwal akademik dan sistem perkualiahan yang ketat. Tidak pandai membagi waktu, habis lah semuanya.

Dalam buku Mimpi Sejuta Dolar Ria menceritakan bagaimana perjuangannya, termasuk bagaimana bertemuanya dia dengan Alva, lelaki yang kini menjadi suaminya. Berdua, mereka saling mengisi dan berjuang bersama. Jika Ria memiliki kelebihan sebagai praktisi yang terjun langsung di lapangan, maka Alva memiliki kemampuan analisis dan strategi bisnis yang handal.

Perjuangan demi perjuangan seorang Merry Riana yang mampu mengevolusi dirinya dari mahasiswa berbekal setangkup roti tawar untuk makan siangnya di kampus untuk menjadi seorang konsultan keuangan berpenghasilan satu juta dolar di usia 26 tahun.


Dan salah satu jurus yang tak mungkin terlupakan bagi saya di buku ini, adalah ketika Merry dan Alva (calon suaminya kelak) melakukan ritual sales marketing yang mengharuskannya bekerja 14 jam sehari, 20 kali persentasi sehari dan full 7 hari dalam seminggu!


Unsur Instrinsik :

  1.    Tema
     Tema yang diangkat dalam novel ini adalah “Perjuangan hidup”, dalam buku ini di ceritakan perjuangan menuju sukses seorang Merry Riana, yang kini menjadi motivator perempuan nomor satu di Asia Tenggara, dari Jakarta hingga Singapura.

  2.   Amanat Atau Pesan
     Amanat yang terkandung di dalam novel Mimpi Sejuta Dolar yakni, Disana
      Penulis bercerita bagaimana semakin lama berjuang, semakin dekat ia dengan Tuhan.
      Bagaimana ia bisa percaya total kepada Tuhan bahwa kelak, akan tiba masanya
      dimana perjuangan berat ini berbuah manis. Sukses dan kegagalan itu satu paket.
     Kalau mau sukses, maka harus mau membayar dulu harganya lewat kegagalan
      kegagalan yang dialami dalam proses perjalanannya. Ini makin ditegaskan lewat kisah
di  buku Mimpi Sejuta Dolar yang semakin lama rasanya makin dramatis, namun inilah
        kehidupan real yang nyata bila kita ingin mencapai keberhasilan yang benar-benar
       berhasil.

  3.   Lattar / Setting
     Lattar atau tempat kejadian yang dikisahkan dalam novel ini yaitu di Nanyang Technological University (NTU), Singapore. Bertepatan saat Merry Riana lulus dari salahsatu SMU di Indonesia pada tahun 1998.
  
  4.   Plot / Alur
          Alur novel ini adalah alur maju, dimana dalam novel ini dikisahkan perjuangan hidup Merry Riana saat ia baru lulus SMU sampai akhirnya ia sukses di Singapura.

  5.   Sudut Pandang
          Pengarang menempatkan dirinya dalam cerita sebagai orang pertama, dimana ia menceritakan kisah hidupnya sendiri dalam tokoh “Aku” pada Novell tersebut.

  6.   Penokohan / Karakterisasi / Perwatakan
1.     Merry Riana orang yang pantang menyerah dan sangat pandai memanfaatkan waktu
2.    Alva suami ria sekaligus orang yang selalu ada untuk membantu ria dalam menjalani kehidupannya.

   7.   Gaya Bahasa / Majas
          Dalam novel ini penulis banyak menggunakan majas SINESTESIA, yaitu Ungkapan dari suatu indra yang dicurahkan lewat ungkapan rasa indra lainnya.
    
Share this article :

4 komentar:

Expo Lowongan Kerja mengatakan...

Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat anak saya. hehe
Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja PT Astra Internasional Tbk

moniceoktavina mengatakan...

Sangat inspiratif...kunjungi moniceoktavina.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Thanks gan

Unknown mengatakan...

unsur ekstrinsik nya mana??,judulnya usnur ekstrinsik tapi kok isinya instrinsik,beda kontol!!!

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2014. Segores Info - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger